Bawang Putih Mentah Turunkan Risiko Kanker

Bawang Putih Mentah Turunkan Risiko Kanker

Bawang Putih Mentah Turunkan Risiko Kanker

Bawang Putih Mentah Turunkan Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit tidak menular yang menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah membunuh 8,2 juta orang pada tahun 2012 lalu.

Tanpa inovasi pengobatan, jumlah penderita yang meninggal akan terus bertambah mengingat kasus kanker baru akan meningkat 70 persen untuk dua dekade mendatang.

Lima kanker utama pada pria adalah kanker paru, prostat, kolorektum, lambung, dan hati. Pada perempuan, lima kanker utama meliputi kanker payudara, kolorektum, paru, serviks, dan lambung.

Meski 30 persen kematian akibat kanker dipicu gaya hidup, dengan konsumsi makanan berkadar serat rendah, rokok, alkohol, dan jarang berolahraga, sehingga perubahan gaya hidup dapat menurunkan prevalensi kanker secara signifikan, namun kemanjuran obat anti kanker tetap menjadi tumpuan.

Bawang Putih Mentah Turunkan Risiko Kanker Paru-Paru dan Kanker Lainnya

Bawang putih (Allium sativum) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang putih mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yaitu senyawa sulfoksida yang merupakan turunan dari sistein asam amino. yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa makan bawang putih dua kali seminggu mampu menurunkan risiko kanker paru-paru sebesar 44 persen.

Manfaat Bawang Putih Mencegah Sel Kanker

Berikut adalah alasan kenapa bawang putih mampu mencegah munculnya penyakit kanker.

• Anti-tumerogenik, bawang putih termasuk makanan yang memiliki sifat anti tumerogenik yang berdampak antiproliferatif atau melawan pertumbuhan sel kanker.

• Menghambat pertumbuhan sel kanker, kandungan sulfur organik di dalam bawang putih mampu menjadi zat penghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif.

• Meningkatkan perbaikan DNA, memperbaiki DNA adalah langkah yang penting dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Ekstrak bawang putih terbukti mampu dalam meningkatkan perbaikan sel DNA.

• Melawan radikal bebas, radikal bebas adalah salah satu penyebab dari munculnya penyakit kanker. Kandungan allium di dalam bawang putih dapat menghancurkan dampak dari radikal bebas di dalam tubuh yang pada gilirannya mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

• Mengurangi proliferasi sel, proliferasi sel adalah kelebihan sel dalam tubuh yang bisa menjadi zat kanker. Sementara bawang putih sendiri dapat mengendalikan proliferasi sel penyebab kanker.

• Mematikan sel kanker, pertumbuhan sel kanker dapat dihancurkan dengan makan bawang putih. Sebab lagi-lagi kandungan allium di dalam sel kanker bermanfaat untuk menghancurkannya.

Itulah manfaat bawang putih untuk mencegah munculnya penyakit kanker payudara. Selain itu bawang putih juga kaya akan zat anti-oksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kanker paru-paru diklaim sebagai pembunuh nomor satu bagi wanita

Peneliti mengklaim bahwa kanker paru-paru akan segera menjadi penyakit paling mematikan bagi wanita, menggantikan kanker payudara. Hasil ini disebabkan oleh jumlah kematian pada wanita akibat kanker paru-paru yang meningkat hingga delapan persen pada tahun 2014.

Menurut peneliti, kanker paru-paru akan menggeser kedudukan kanker payudara sebagai pembunuh nomor satu bagi wanita karena jumlah perokok yang semakin meningkat jika dibandingkan dengan 50 tahun yang lalu. Berdasarkan peneliti di University of Milan, saat ini penyakit yang paling mematikan untuk wanita adalah kanker paru-paru dan kanker pankreas untuk pria.

Berdasarkan data yang ada, peneliti memperkirakan bahwa kanker paru-paru akan membunuh sekitar 82.300 orang setiap tahunnya di Uni Eropa. Selain itu, peneliti juga memprediksi bahwa kematian akibat kanker pankreas juga akan meningkat pada tahun 2014 nanti.

Tulisan ini dipublikasikan di seputar kanker. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *